PS5- Spesifikasi Lengkap, Desain, Prediksi Tanggal Rilis dan Harga

Playstation 5 atau generasi paling terbaru dari perangkat home konsol milik Sony Playstation akan akan segera hadir ke pasaran. Tanpa mengalami penundaan PS5 rencananya akan menerjang pasar akhir Desember tahun ini. 

Melalui acara presentasi The Future of Gaming PS5, akhirnya Sony Playstation berani menunjukan tampilan dari konsol terbaru mereka. Memiliki bentuk yang terkesan futuristik konsol ini nampaknya berhasil merebut perhatian banyak calon penikmat konsol mereka. Namun meski begitu PS5 masih belum membagikan harga dari konsol itu sendiri, serta mungkin masih banyak dari kalian yang belum tau spesifikasi seperti apa yang nantinya akan dimiliki oleh PS 5 itu sendiri.

Bagi kalian yang masih menabung atau mempertimbangkan untuk membeli konsol tersebut di tahun ini, kalian bisa coba melihat spesifikasi dari PS 5 terlebih dahulu pada artikel ini.

Daftar isi

Spesifikasi Lengkap PS5

Berikut adalah spesifikasi resmi dari Playstation 5 yang telah diumumkan, dan dibandingkan dengan spesifikasi Playstation 4 agar bisa dibandingkan perbedaan keduanya.

PlayStation 5PlayStation 4
CPU8x Zen 2 Cores at 3.5GHz dengn SMT (variable frequency)8x Jaguar Cores di 1.6GHz
GPU10.28 TFLOPs, 36 CUs di 2.23GHz (variable frequency)1.84 TFLOPs, 18 CUs at 800MHz
GPU ArchitectureCustom RDNA 2Custom GCN
Memory/Interface16GB GDDR6/256-bit8GB GDDR5/256-bit
Memory Bandwidth448GB/s176GB/s
Storage internalCustom 825GB SSD500GB HDD
IO Throughput5.5GB/s (Raw), Typical 8-9GB/s (Compressed)Approx 50-100MB/s (dependent on data location on HDD)
Slot Penambahan StorageNVMe SSD SlotReplaceable internal HDD
External StorageUSB HDD SupportUSB HDD Support
Optical Drive4K UHD Blu-ray DriveBlu-ray Drive

Berdasarkan spesifikasi diatas jelas spesifikasi CPU serta GPU dari PS 5 sendiri sudah jauh berkembang jika dibandingkan dengan Playstation 4. Salah satu perbedaan yang cukup kontras antara PS 5 dengan PS 4 adalah penggunaan teknologi storage atau penyimpanan untuk game ps5 itu sendiri. Dimana pada PS4 mereka masih mengandalkan teknologi harddisk sedangkan pada PS 5 teknologi yang digunakan adalah SSD. Dengan ini kalian akan mendapati perbedaan loading time yang jauh lebih cepat dari PS4. 

Akun twitter ini sempat membocorkan menunjukan perbedaan loading time yang akan hadir di PS 5 nantinya. 

Sony Playstation sendiri juga memaparkan bahwa nantinya, metode kalian dalam menyimpan game juga akan turut berubah. DImana dilansir dari artikel Wired.com, Mike Cerny arsitek dari PS 5 menyampaikan bahwa nantinya kita akan memiliki akses lebih kepada data PS 5. Pada prakteknya, pemilik PS 5 dapat menginstall game mereka sesuai kebutuhan. Kalian bisa memilih menginstall Single Player atau mode Online-nya saja, dan di kemudian hari kalian bisa menghapus salah satu mode tersebut apabila dirasa kalian sudah selesai memakainya.

Desain Playstation 5 dan Playstation 5 Digital Edition

PS5 fisik (kiri) dan PS5 Digital (kanan)

Pada peluncurannya pada event The Future of Gaming Show 12 Juni 2020 kemarin akhirnya Sony memperkenalkan bentuk Playstation 5 secara resmi di akhir acara. Secara bentuk PS5 membawa lompatan bentuk dari bentuk meng-kotak yang telah digunakan sejak Playstation 1 menuju bentuk yang lebih futuristis dan juga elegan.

https://www.facebook.com/gamebrott/photos/a.416383481856036/1510833662411007/?type=3

Secara ukuran Playstation 5 membawa ukuran yang jauh lebih besar daripada konsol konsol mereka yang telah ada. Namun hal ini sendiri ditujukan agar mesin PS5 nantinya bisa bekerja dengan lebih maksimal dan tanpa suara kencang yang jadi di masalah di PS4 kemarin dengan aliran udara yang lebih baik dengan mengorbankan ukuran yang sedikit membesar.

Sony juga tidak hanya membawa 1 versi dari PS5 karena mereka juga memperkenalkan PS5 Digital Edition. Yang seperti namanya tidak akan memiliki blu-ray drive untuk membaca game fisik. PS5 DE ini membawa desain yang sama dengan PS5 biasa namun karena drive yang absen membuat bentuknya lebih ramping ketimbang versi biasa.

Kontroler PS 5 atau DualSense

DualSense adalah sebutan dari kontroler terbaru yang juga akan digunakan sebagai kontroler resmi dari PS 5. Berbalut warna putih serta sedikit corak hitam, kontroler ini menjaadi bagian paling awal yang dipamerkan oleh Sony Playstation sebelum bentuk konsol itu sendiri. Untuk fiturnya kalian bisa lihat dibawah sini

Haptic feedback: Teknologi ini adalah fitur yang Sony Playstation manfaatkan agar membuat game terasa lebih immersive. Mereka mengklaim bahwa nantinya player dapat merasakan feedback pada jemari mereka saat menggunakan kontroler ini. Sebagai contoh kontroler akan merespon apabila karakter sedang mengendarai mobil di jalan offroad atau jalan berlumpur.

Adaptive triggers:Fitur ini sendiri akan menyempurnakan tombol L2 dan R2 pada game, sehingga nantinya kalian bisa merasakan perbedaan saat kalian berusaha menarik busur panah ataupun menggunakan senjata berat.

Create button: Menjadi pengganti dari tombol share dimana kalian nantinya dapat menyimpan momen-momen kaliana saat bermain game. 

Built-in microphone: Yup nantinya kalian tak lagi memerlukan mic tambahan untuk berkomunikasi dengan teman kalian. Karena Dual sense memiliki Mic yang sudah include di dalamnya.

Tanggal Rilis PS5

Sony sendiri secara resmi belum menyebutkan tanggal pasti kapan konsol Playstation 5 ini akan dirilis nantinya. Namun Sony menjamin bahwa konsol Playstation 5 ini akan tetap dirilis pada musim libur akhir tahun ini (Sekitar Oktober – Desember 2020).

Melihat dari seri-seri sebelumnya dimana Playstation 3 dan Playstation 4 sama-sama dirilis pada pertengahan bulan November, maka ada kemungkinan bahwa Playstation 5 akan mengikuti jejak yang sama mengingat tanggal tersebut adalah waktu yang tepat sebelum libur Natal dan tahun baru tiba. Namun juga perlu diingat bahwa ada kemungkinan tanggal yang mundur karena tengah merebaknya virus Covid-19 ini.

Harga PS5 dari Berbagai Sumber

Untuk harga dari PS 5 sendiri Sony masih belum mengkonfirmasi berapa harga yang akan mereka bandrol untuk satu paket konsol PS 5. Sebagai tambahan informasi, nantinya PS 5 akan dibagi menjadi 2 edisi, yaitu 1 edisi biasa dan satunya lagi Digital edition. Dimana digital edition memerlukan kalian untuk mendownload game-game yang kalian miliki dan tidak mendukung penggunaan Blu ray fisik. 

Kurangnya informasi membuat banyak pihak yang mulai memprediksi berapa perkiraan harga dari konsol tersebut. Disini kami mencoba merangkum harga tersebut dari beberapa sumber dimana Disc Drive akan lebih mahal dibanding non-disc.

Menurut Forbes: $550 & $500 (7,8jt & 7.1jt Sebelum Masuk Indoensia)

Menurut Gamespot:$ 450 &  $400(6,4t & 5.7jt Sebelum Masuk Indoensia)

Menurut Techradar: $ 449 (6,4jt Sebelum Masuk Indoensia)

The Lazy Monday: 10 jt-an setelah masuk pasar

Analis Pasar Ampere: $450 sampai $499 (6,4t & 7.1jt Sebelum Masuk Indoensia)

Inilah beberapa sumber prediksi harga yang bisa kalian coba perhatikan untuk membantu kalian memperkirakan harga PS 5 nanti. Benar atau tidaknya tentu hanya waktu yang akan menjawab. Semoga artikel ini bisa membantu dan kalian bisa bersiap-siap memainkan game-game PS 5 nantinya.

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Omahpustaka. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.